Selasa, 03 Januari 2017

Soal UTS Hadits Tarbawi SMT Ganjil TP. 2016/2017


  1. Uraikan dan jelaskan esensi hadits berikut berdasarkan kajian pendidikan;
حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ رَجَاءِ بْنِ حَيْوَةَ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ جَمِيلٍ، عَنْ كَثِيرِ بْنِ قَيْسٍ، قَالَ: كُنْتُ جَالِسًا عِنْدَ أَبِي الدَّرْدَاءِ فِي مَسْجِدِ دِمَشْقَ، فَأَتَاهُ رَجُلٌ، فَقَالَ: يَا أَبَا الدَّرْدَاءِ، أَتَيْتُكَ مِنَ الْمَدِينَةِ، مَدِينَةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؛ لِحَدِيثٍ بَلَغَنِي أَنَّكَ تُحَدِّثُ بِهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: قَالَ: فَمَا جَاءَ بِكَ تِجَارَةٌ؟ قَالَ: لَا، قَالَ: وَلَا جَاءَ بِكَ غَيْرُهُ؟ قَالَ: لَا، قَالَ: فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ، وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ، وَإِنَّ طَالِبَ الْعِلْمِ يَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ، حَتَّى الْحِيتَانِ فِي الْمَاءِ، وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ، إِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ، إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا، إِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ، فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِر
  1. Ilmu merupakan sesuatu yang sangat urgen untuk dimiliki dan dikuasai oleh setiap manusia, sebab tidak ada sesuatu yang dapat dikerjakan di dunia ini tanpa ilmu, jika melihat analogi tersebut seharusnya semakin banyak ilmu yang pernah dipelajari semakin baik pula perbuatan seseorang, akan tetapi pada kenyataannya tidak demikian contohnya para pencuri berdasi (koruptor) yang notabennya sebagai pemilik gelar-gelar elit di negeri ini atau yang lebih parah lagi adalah munculnya faenomena kiyahi cabul yang juga marak terjadi ahir-ahir ini yang notabennya juga memiliki ilmu agama yang tinggi, lantas apa yang salah dengan kenyataan-kenyataan tersebut ? jelaskan pandangan anda mengenai hakikat ilmu & berilmu yang selaras dengan ungkapan bahwasanya “Allah akan mengngkat derjat orang-orang yang berilmu (Al-Mujadalah ayat 11)” kemudian perkuatlah argumen anda dengan menyandarkan pada ayat-ayat Al-Qur’an dan juga hadits Rasulullah saw yang relevan dengan persmasalahan tersebut.
  1. Jelaskan pandangan anda terhadap urgensi hadits tarbawi dalam dunia pendidikan islam yang memiliki tujuan pada pembentukan akhlak manusia !
download[4]

This Is The Oldest Page