Minggu, 09 April 2017

Soal UTS Genap Teori Pembelajaran SMT II PAI 2016/2017


UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GENAP
STAI DARUSSALAM LAMPUNG
TA. 2016/2017
Mata Kuliah : Teori Pembelajaran
Semester :  II (Dua)
Prodi : Pendidikan Agama Islam Hari/Tanggal : Senin, 10 April  2017 
Waktu : 08.00-09.15
Dosen : Nur Kholis, M.Pd.

A. PETUNJUK PENGISIAN SOAL
  1. Buatlah artikel ilmiah sesuai dengan tema dan nomor soal yang anda dapatkan
  2. Artikel dibuat minimal 10 halaman dikertas A4 dengan spasi ganda (2) dan margin atas dan kiri 4 serta bawah dan kanan 3 dengan huruf times new roman font size 11
  3. Artikel ditulis dengan bahasa indonesia yang baku sesuai dengan kaidah EYD dan wajib mencantumkan sumber rujukan dalam bentuk foot note
  4. Penulisan artikel tidak menggunakan BAB maupun Pendahuluan melainkan langsung berisi uraian mengenai tema yang dibahas dengan sub tema yang telah ditentukan
  5. Mahasiswa diperkenankan menambahkan sub tema pembahasan yang didapatkan tetapi tidak diperkenankan untuk menguranginya
  6. Artikel dikumpul dalam bentuk soft copy paling lambat dua minggu setelah soal ini dibagikan pada mahasiswa dan dikirimkan secara online melalui link berikut: https://www.formpl.us/form/5426503200276480 
  7. Anda mendapatkan tema Nomor : (.............) dan untuk mengetahui temanya silahkan anda masuk ke dalam link berikut: http://nurcholis28.blogspot.co.id/2017/04/soal-uts-teori-pembelajaran-smt-ii-pai.html  atau http://nurcholis28.blogspot.co.id/ 

B. SOAL

Buatlah Artikel dengan salah satu tema di bawah ini !

         A.      PENDIDIK
1.    Hakikat Pendidik
2.    Karakteristik Pendidik
3.    Akhlak Pendidik
4.    Tugas Utama Pendidik
5.    Keistimewaan Pendidik
6.    Interaksi Efektif Pendidik dengan Peserta Didik
        B.      PESERTA DIDIK
1.      Hakikat Pesertadidik
2.      Karakteristik Pesertadidik
3.      Akhlak Pesertadidik
4.      Tugas Utama Pesertadidik
5.      Keistimewaan Mencari Ilmu
6.      Interaksi Efektif Peserta Didik dengan Pendidik
         C.     KELUARGA
1.      Hakikat keluarga
2.      Pendidikan dalam keluarga
3.      Pandangan islam terhadap urgensi pendidikan dalam keluarga
4.      Peranan keluarga dalam pendidikan
5.      Membangun cita-cita keluarga
6.      Interaksi Efektif anggota keluarga dalam mewujudkan harmonisasi kehidupan
          D.    MASYARAKAT
1.      Hakikat masyarakat
2.      Pendidikan dalam Masyarakat
3.      Pandangan islam terhadap urgensi pendidikan dalam masyarakat
4.      Peranan Masyarakat dalam Pendidikan
5.      Memabangun Masyarakat Madani
6.      Interaksi Efektif dalam bermasyarakat
          E.    LEMBAGA PENDIDIKAN
1.      Hakikat Sekolah Efektif
2.      Lingkungan Sekolah Efektif
3.      Manfaat Sekolah Efektif
4.      Hakikat Sekolah Darurat
5.      Lingkungan Sekolah Darurat
6.      Dampak Sekolah Darurat
7.      Mengefektifkan Sekolah Darurat
          F.     PEMERINTAH
1.      Peranan Pemerintah dalam Pendidikan
a.       Peranan Pemerintah  Pada Guru
b.      Peranan Pemerintah  Pada Siswa
c.       Peranan Pemerintah  Pada Sarpras Pendidikan
2.      Peranan Pemerintah Terhadap Lulusan Sekolah
3.      Sistem Pemerintahan yang dirindukan
          G.    AGAMA
1.      Hakikat Agama
2.      Pendidikan dalam prespektif agama
3.      Peranan Agama dalam Pendidikan
4.      Urgensi Pendidikan Keagamaan
5.      Peranan Tokoh Agama dalam Pendidikan
6.      Interaksi efektif kerukunan antar umat beragama sebagai bentuk tujuan pendidikan
           H.   BUDAYA
1.      Hakikat Budaya
2.      Pendidikan dalam prespektif budaya
3.      Peranan Budaya dalam Pendidikan
4.      Urgensi Pendidikan Kebudayaan
5.      Peranan Tokoh Budayawan dalam Pendidikan
6.      Urgensi pengintegrasian Nilai-nilai Kebudayaan dalam pendidikan
            I.    NASIONALISME
1.      Hakikat Nasionalisme
2.      Menumbuhkembangkan sikap nasionalisme
3.      Peranan Nasionalisme dalam Pendidikan
4.      Peranan pendidikan dalam nasionalisme
5.      Urgensi nasionalisme dalam mempertahankan kedaulatan negara
6.      Peranan tokoh nasionalis dalam mewujudkan Tujuan pendidikan Nasional
           J.    MEWUJUDKAN CITA-CITA BANGSA
1.      Hakikat cita-cita
2.      Urgensi cita-cita dalam pendidikan
3.      Faktor yang mempengaruhi cita-cita pendidikan
4.      Merajut cita-cita bangsa dari pelosok negeri
5.      Langkah dalam mewujudkan cita-cita pendidikan
6.      Mewujudkan bangsa yang aman, tentram dan makmur melalui pendidikan
           K.   KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN
1.    Hakikat Kepemimpinan Pendidikan
2.    Bentuk-bentuk kepemimpinan Pendidikan
3.    Akhlak Pemimpin pendidikan
4.    Tugas Utama Pemimpin pendidikan
5.    Keistimewaan menjadi pemimpin
6.    Interaksi Efektif pemimpin pendidikan terhadap bawahanya
          L.    MATERI PENDIDIKAN
1.      Hakikat Materi Pendidikan
2.      Urgensi materi dalam pendidikan
3.      Cara menentukan materi dalam pendidikan
4.      Hubungan materi pendidikan dengan tujuan pendidikan
5.      Materi pendidikan yang baik
6.      Materi pendidikan berbasis IPTEK Moderen
         M.    MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Hakikat media pembelajaran
2.      Urgensi media dalam pembelajaran
3.      Jenis-jenis media pembelajaran
4.      Cara menentukan media pembelajaran yang tepat
5.      Korelasi media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran
6.      Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran
          N.    MODEL PEMBELAJARAN
1.      Hakikat model pembelajaran
2.      Jenis-jenis model pembelajaran
3.      Penyebab terjadinya berbagai model pembelajaran
4.      Memilih model pembelajaran yang tepat
5.      Korelasi model pembelajaran dengan gaya belajar
6.      Model pembelajaran yang efektif
          O.    PENDIDIKAN
1.      Hakikat Pendidikan
2.      Unsur-unsur pendidikan
3.      Jenis-jenis pendidikan
4.      Pendidikan berkualitas
5.      Langkah-langkah dalam menciptakan pendidikan berkualitas
6.      Hambatan dalam mewujudkan pendidikan berkualitas
          P.     DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN
1.      Hakikat dasar dan tujuan pendidikan
2.      Urgensi dasar dan tujuan pendidikan
3.      Dasar dan tujuan pendidikan umum
4.      Dasar dan tujuan pendidikan islam
5.      Tujuan pendidikan dari masa ke masa
6.      Tujuan pendidikan di Indonesia
          Q.    INOVASI PENDIDIKAN
1.      Hakikat Inovasi pendidikan
2.      Tujuan Inovasi dalam pendidikan
3.      Urgensi inovasi pendidikan
4.      Hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan inovasi pendidikan
5.      Inovasi pendidikan moderen
6.      Inovasi pendidikan berbasis masalah
           R.    PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.      Hakikat Perencanaan pembelajaran
2.      Urgensi perencanaan dalam pembelajaran
3.      Unsur-unsur pokok dalam perencanaan pembelajaran
4.      Jenis-jenis perencanaan
5.      Implementasi perencanaan pembelajaran yang baik
6.      Dampak pembelajaran tanpa adanya perencanaan
           S.    EVALUASI PEMBELAJARAN
1.      Hakikat Evaluasi Pembelajaran
2.      Urgensi evaluasi dalam pembelajaran
3.      Unsur-unsur pokok dalam melakukan evaluasi pembelajaran
4.      Peranan evaluasi pembelajaran dalam mewujudkan tujuan pembelajaran
5.      Evaluasi pembelajaran berkualitas
6.      Dampak pembelajaran tanpa adanya evaluasi
           T.    KURIKULUM PENDIDIKAN
1.      Hakikat kurikulum pendidikan
2.      Urgensi kurikulum dalam pendidikan
3.      Unsur-unsur pokok dalam kurikulum pendidikan
4.      Kurikulum pendidikan yang berkualitas
5.      Kurikulum berbasis sekolah/ madrasah
6.      Kurikulum berbasis pondok pesantren
download[4] download[4]