Sabtu, 21 September 2019

Pengabdian Terintegrasi Nasional


Salah satu tugas dosen pada pilar Tridarma Perguruan Tinggi ialah melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk pengejawantahan dari teori-teori ilmu pengetahuan serta pemberian solusi dari problematika yang dihadapi oleh masyarakat. Pada tahun 2019 Al Hamdllah saya dan team Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) STAI Darussalam Lampung berhasil lulus dari seleksi nasional untuk mendapatkan Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kementerian Agama Republik Indonesia setelah menyisihkan sekian ribu peserta dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Pada prinsipnya PKM ini bukan hanya diberlakukan untuk dosen akan tetapi keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan PKM memiliki nilai yang berbanding lurus dengan pemberian bekal pengalaman secara nyata untuk terjun kepada masyarakat sebagai agen of change. Mahasiswa tanpa berkiprah di masyarakat tentu laksana kapal pesiar tanpa nahkoda.

Ada beberapa hal yang perlu saya share sebagai salah satu pemenang Hibah Penelitian Pengabdian dan Publikasi Ilmiah Tahun 2019 agar proposal temen-temen bisa lolos seleksi:
  1. Buatlah Penelitian/Pengabdian dengan topik bahasan yang diinginkan kemenag
  2. Buatlah topik yang unik; bahkan belum pernah dilakukan oleh penelitian sebelumnya
  3. Hindarkan dari plagiasi/ Copy Paste artikel-artikel yang bertebaran di internet
  4. Buatlah susunan anggaran yang rasional
  5. Banyak berdo'a kepada Allah SWT.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat; amin.