Minggu, 15 September 2019

Visitasi TK Kasih Ibu Ngesti Karya (Karya Basuki)


Visitasi akreditasi TK Kasih Ibu Ngesti Karya Waway Karya Lampung Timur, Lembaga ini berada di salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Lampung Timur. Perjalanan menuju lembaga tersebut dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari jalan lintas utama. Perlu tenaga ekstra untuk menuju lokasi lembaga tersebut; selain medan yang sedikit terjal juga dibutuhkan kewaspadaan khusus saat melintasi jalan yang banyak ditemukan jalan berlubang.

Saat ditugaskan untuk memvisitasi lembaga tersebut saya menginap di salah satu siswa saya yang rumahnya bersebelahan desa dengan lembaga tersebut. saya berangkat dari rumah sekitar pukul 16.00 dijemput muridku tepatnya di desa sidorejo Lampung Timur untuk diajak lewat jalan trobosan yang katanya lebih dekat. Kami bertemu di dekat lapangan sekitar pukul 16: 20 WIB lalu kami bergegas menuju rumah siswaku melalui jalan terobosan yang katanya lebih dekat.

Jalan terobosan itu rupanya baru saja dibangun oleh pemerintah setempat; jalanan peladangan yang sering diidentikkan dengan jalan berlubang menjadi perjalanan yang sangat mengasyikkan karena jalan bagus yang ditambah dengan rindangnya pepohonan disekitar peladangan yang membuat suasana panas kemarau berubah menjadi sejuk. selepas jalan itu pikirku sudah hampir sampai; ternyata itu hanya mendekatkan pada jalan utama untuk masuk ke lokasi lembaga tersebut berada.

Setelah kurang lebih dua jam; ahirnya kami tiba di rumah siswaku; sambutan baik dari keluarga siswaku nampak mengakrabkan suasana. Tak terasa waktu sudah gelap; malam menyapa dengan suasana baru di desa orang, sambil menunggu rasa kantuk aku membuka lembar kerja yang ada di laptop sampai dengan pukul 24:00 WIB. Setelah selesai aku bergegas untuk beristirahat agar hari esok tidak telat dan penuh semangat; namun takdir berkata lain; rumah muridku yang dekat dengan sawah ternyata mengundang nyamuk yang begitu banyak; ahirnya sampai shalat subuh tiba aku tidak bisa tidur.


Pukul 4:00 WIB aku sudah bergegas mandi dengan semangat tugas asesor untuk membangun negeri, setelah itu kulanjutkan dengan shalat subuh dan menunggu pagi. Pukul 06.00 aku sudah bergegas ke lokasi visitasi; nampak beberapa rumah belum terbuka pintunya; rumput-rumput liar seolah malu menyapa pagi yang kian mengusik tidur nyenyaknya. Sampai didekat lokasi pukul 06:15 WIB sambil menunggu partner tugas asesor yang tersesat; sebab kebijakan dari BAN-PAUD PNF asesor harus datang ke lokasi secara bersamaan.

Setelah partner dijemput dan bertemu dengan saya; kami langsung bergegas ke lokasi yang berjarak sekitar seratus meter dari lokasi menunggu partner saya. Sesampainya disana kami disambut oleh para dewan guru; pengawas bahkan guru TK sekitar dan tentunya senyum polos anak-anak yang sedang asyik bermain dengan temannya. Setelah melakukan pembukaan kami lanjutkan dengan penilaian visitasi sesuai dengan SOP yang ada sampai dengn pukul 16.00 WIB.